Kamis, 03 September 2015

Susah Melarang Orang Merokok ?

contoh stiker yang bisa dipasang di tempat umum

Ketika kita kedatangan tamu, atau sedang bertamu, ataupun dilingkungan orang yang suka merokok, terkadang kita merasa canggung, susah, gak enak kalau harus melarang orang berokok di depan kita. Perda yang biasa diterbitkan di beberapa daerah tentang kawasan dilarang merokok juga kerap tak mampu 'menahan' orang untuk tidak merokok di kawasan larangan merokok. Peraturan Daerah (Perda) memang datangnya setelah orang sudah terbiasa merokok di depan umum. Inilah susahnya.
Cara yang mudah kita lakukan, mungkin bisa kita buat stiker-stiker larangan merokok, walaupun keampuhan stiker ini tergantung lagi bagi orang yang melihat dan membacanya seperti apa. Kalau memang jiwanya suka 'berontak' dan 'cuek' terhadap lingkungannya, maka stiker seperti ini tidak mampu meredam nafsu untuk merokok. Namun apabila diri orang yang membacanya ada empati dan simpati, pasti dia jadi segan untuk melanggarnya. Coba saja !!

2 komentar:

  1. Saya rasa hanya disiang hari di bulan ramadhan aja yang bisa bebas dari asap rokok...

    BalasHapus
  2. Iya Bang Heri, betul sekali, ngelarang orang merokok secara langsung agak susah, segan dan gak enakan, kalau sudah kita pasang stiker macam tu, asal dia orang berpendidikan dan perhatian dg lingkungan pasti segan juga ngerokok di tempat kita. Kalau bisa ramadhannya setahunan ya bang :-)

    BalasHapus