Kamis, 29 November 2012

Tagayan Hijau Turut Serta Menghijaukan Bumi


Rusaknya alam tidak sebanding dengan upaya penyelamatan dan kepedulian terhadapnya. Kepedulian kepada alam dan bumi seyogyanya harus tumbuh dalam diri setiap individu manusia yang bepijak di atas bumi dan bernaung di bawah langit ini. Dimulai dari lingkungan keluarga dan dimulai sejak saat ini.
Menanam pohon atau sayuran di pekarangan adalah cara paling mudah untuk sedikit bisa ikut handil dalam upaya penyelamatan lingkungan tersebut.
Beberapa bulan lalu saya dikejutkan dengan sepucuk amplop putih yang bertuliskan “Bantuan untuk penyemaian bibit di Tagayan Hijau mohon diterima bang Adi”,

Cara Menanam dan Merawat Sirsak dan Salam



Setelah anda menerima pohon dari Tagayan Hijau lakukan hal-hal berikut:
1.    Taruhlah pohon anda ditempat teduh, jangan dimasukkan kedalam tas/kantongan plastik tertutup (untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai oleh tanah disarankan anda mengurangi/tidak menggunakannya).
2.    Tentukan di mana anda akan menanamnya, usahakan tidak jauh dari lingkungan anda, sehingga apabila anda memerlukannya anda tidak perlu jauh-jauh untuk mengambilnya. Apabila anda bermaksud untuk menamnya dipekarangan rumah lakukan hal ke 3 di bawah ini.

Beberapa Manfaat Sirsak dan Salam


Pohon sirsak diantaranya berkhasiat untuk:
1.    Mengobati Penyakit Kanker:
Caranya: rebus 10 lembar daun sirsak yg tua dengan 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas, minum pagi dan petang/malam hari selama 2 minggu. Daun sirsak mempunyai sifat seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi, daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.

Minggu, 18 November 2012

Menengok Aktivitas Pemenang Kalpataru 2012

Galuh Saly nama yang diberikan orangtuanya, sekilas tidak ada yang istimewa dari penampilan ibu enam anak ini, rumahnya yang berada di tepi jalan provinsi terlihat begitu sederhana, halamannya yang luas ditanaminya beberapa pohon buah naga, pepaya, bawang hutan dan beberapa tanaman kecil lainnya. Mobil Toyota bututnya juga terparkir di teras rumahnya, mobil itulah yang setia menemani setiap aktivitas lingkungannya.
Galuh Saly dengan Penghargaan Kalpatarunya
Saat Tagayan Hijau (Tajau) bertandang ke rumahnya di Jalan A. Yani Desa Batumandi, Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan (15/11) sambutan hangat langsung diberikannya. Begitu juga ketika Tajau mengajaknya bicara langkahnya langsung mengajak kami ke pekarangan belakang rumahnya.