Senin, 22 Oktober 2012

Lebih Baik (tidak) Merokok?


Siang itu saya terlibat pembicaraan dengan beberapa teman ketika menghadiri jamuan makan siang aqiqahan puteri kedua salah satu teman sekantor kami. Dari berbagai macam topik pembicaraan, satu yang paling menarik perhatian saya, yaitu soal rokok, merokok, asap dan kesehatan.
Foto dari http://kimochiku.blogspot.com
Kenapa demikian? Sudah puluhan tahun dan jutaan peringatan di mana-mana  --bahkan tulisan besar dibungkusnya sekalipun-- tentang bahaya merokok buat kesehatan, mulai dari serangan jantung, impotensi, gangguan janin dan kehamilan sampai dampak yang paling terasa adalah ‘kanker’, baik kanker yang menyerang paru-paru manusia maupun kanker yang satu ini, yaitu kantong kering alias habis duit. Parahnya lagi dampak paling besar adalah dirasakan justru bagi perokok pasif bukan perokok aktif.

Rabu, 03 Oktober 2012

Cegah ISPA dengan Ini !


Setiap orang mempunyai kondisi tubuh yang unik, tidak sama satu dengan lainnya. Apalagi ketika menghadapai suatu kondisi lingkungan yang kurang bersahabat seperti sekarang ini, musim pancaroba, dimana saatnya ada hujan dan adakalanya terik panas menyengat.
Kabut - Asap kabut ditimbulkan dari pembakaran lahan oleh masyarakat untuk membuka lahan perkebunan dan pertanian
Pulau Kalimantan, terutama Kalsel dan Kalteng, setiap memasuki musim kemarau selalu disambut dengan tamu tahunan, yaitu asap kabut. Asap kabut ditimbulkan dari pembakaran lahan oleh masyarakat untuk membuka lahan perkebunan dan pertanian, baik yang berada di lahan gambut maupun pegunungan.