Selasa, 18 September 2012

Uniknya Layang-layang Dandang



Setiap usai panen, masyarakat Desa Paring Agung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kandangan) Kalimantan Selatan biasanya sibuk mempersiapkan permainan musiman mereka. Permainan tradisional itu ialah bermain kalayangan (layang-layang) Dandang dengan ukuran lebar mencapai 4 meter dan panjang 6 meter dilengkapi pula dengan dua buah Kukumbungan.  
www.tagayanhijau.com
SIAP TERBANG - Dandang dengan ukuran lebar mencapai 4 meter dan panjang 6 meter
Kukumbangan adalah media yang mengeluarkan suara terbuat dari satu ruas bambu besar jenis batung berdiameter mencapai 12 cm dengan panjang sekitar 50 cm. semakin besar dan panjang Kukumbangan maka semakin nyaring suara yang dikeluarkannya.

Pesan di Balik Cerita Shaun The Sheep



Satu bulan terakhir ini saya sering mendampingi si kecil Muhammad Hadziq Averroes yang baru berusia 1 tahun 7 bulan untuk menonton acara kartun di televisi swasta nasional, baik pagi maupun sore hari. Sebagai seorang abah, saya punya kewajiban untuk mendampingi anak saya yang sudah mulai belajar ngomong itu, yaitu dengan sesekali mengarahkan dan memberinya penjelasan terhadap acara yang ia tonton.
Foto dari http://www.penchenk.com/2011/11/wallpaper-shaun-sheep-domba-jenaka.html

Kartun yang kami tontong kali ini adalah kartun yang tidak asing lagi, apalagi kalau bukan Shaun The Sheep, cerita dipeternakan domba oleh seorang tuan gendut berkaca mata dibantu seekor anjing yang tak lepas dari jam tangan di tangan kirinya

Kamis, 13 September 2012

Kendali Listrik di Tangan Kita



“Listrik untuk kehidupan yang lebih baik”, bunyi slogan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Setiap saat PLN jadi sorotan masyarakat, terkadang ‘naik daun’, terkadang ‘diinjak’ dan terkadang ‘dipuruk’. 
Padahal apa jadinya kalau kehidupan kita tanpa adanya dukungan dari yang namanya listrik, baik sebagai penerangan maupun untuk keperluan lain. Pabrik misalnya, tempat pengolahan makanan, atau media informasi, seperti televisi, radio, internet dan lain sebagainya.

Rabu, 12 September 2012

Anak Peniru Ulung Orangtuanya

“Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, lalu kedua orangtuanya yang menjadikan ia Yahudi, Nasrani atau Majusi.” (HR. Baihaqi).
Anak adalah makhluk paling unik di dunia dan masa anak-anak adalah masa paling menyenangkan selama hidupnya. Apapun perilaku dan tingkah lakunya pasti menunjukkan suasana menyenangkan dan bahagia.

Kehidupan seorang anak kedepan akan sangat dipengaruhi oleh perilaku dan kebiasaan orangtuanya. Anak akan mengikuti kebiasaan baik ataupun buruk orangtuanya, kakek neneknya, tantenya dan orang disekitarnya.
Anak sebagai peniru ulung orangtuanya akan terlihat lebih menonjol