Selasa, 29 Mei 2012

Menengok Jasa Penyeberangan Sungai di Banjarmasin

Meski Pelanggan Berkurang, Tapi Tetap Eksis
TETAP RAMAI - Penyeberangan di Kawasan Kuin Cerucuk Banjarmasin

Jasa penyeberangan sungai atau akrab dengan sebutan ferry, kini menjadi jalur penyeberangan alternative yang tetap eksis digunakan masyarakat. Bahkan dalam sehari mampu mengantarkan penumpangnya berkali-kali. Memang tak sesering saat beberapa pabrikkayu lapis buka. Meski begitu jasa penyeberangan hingga kini masih eksis.
Hari itu seperti biasa Abu Bakar (42) dengan cekatan mangatur kendaraan roda dua yang sudah berada di atas kapal motor kayunya. Di bawah gerimis hujan pagi, ia bersama dua rekannya dengan sabar mengatur jejeran kendaraan atau sepeda yang akan menggunakan jasanya tersebut.

Selasa, 15 Mei 2012

Agen dan Pengecer Minyak Tanah

Agen dan pengecer minyak tanah melintas di jalan A. Yani Km. 40 Kabupaten Banjar beberapa waktu lalu. Harga minyak tanah saat ini menembus harga Rp. 10.000,-/liter. Sesuai anjuran pemerintah, banyak warga yang berkonversi dari minyak tanah ke gas. Penggunaan gas dinilai efisien dan sehat.

Minggu, 06 Mei 2012

Meniti Bambu Menjemput Manisnya Kehidupan

Penyadap Gula  Aren, Paring Agung  Kecamatan Sungai Raya Kab. Hulu Sungai Selatan-Kandangan
Menuang gula aren ke dalam cetakan yang terbuat dari kayu
Kaki kekarnya dengan kuat menginjak tali dari tangkai buah aren yang dililitkan pada sebatang bambu. Hanya dalam hitungan detik ia sudah berada jauh di atas sepuluh meter sambil membawa jerekin kosong dan sebilah pisau tajam. 
Memanjat pohon aren perlu keahlian tersendiri

Tangannya cekatan membuka bungkus plastik yang melingkar di atas sebuah langan (tandan) buah pohon aren yang kemudian diirisnya pelan-pelan. Profesi inilah yang dilakoni Darsih (39) sejak ia masih duduk dibangku kelas 5 sekolah dasar.

Sabtu, 05 Mei 2012

Ternyata Menulis itu Sangat Mudah

Saya teringat motivasi seorang penulis melalui bukunya, tulislah apa yang anda pikirkan maka akan jadi tulisan, menulis itu mudah, enteng, nyaman dan sangat mudah sekali. 
Menulis adalah aktifitas yang sudah ditanamkan sejak kecil
Setelah saya ikuti motivasi dalam dua buah buku yang ia tulis, ternyata saya mendapatkan kekuatan baru dalam menulis. Iya benar, menulis memang sangat mudah, mudah sekali, kita tinggal mengutak-atik 26 huruf menjadi kata, menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf dan akhirnya jadi satu tulisan yang bisa kita nikmati. Baca ulang, wah ternyata saya bisa menulis juga, paling tidak untuk dinikmati sendiri, syukur-syukur bisa dibaca orang lain, apalagi bisa dimuat di media (walau hanya majalah dinding), wah senangnya.

Berawal dari 5W+1H

Mengelola sebuah blog atau istilah krennya disebut ngeblog adalah pekerjaan yang tidak terlepas dari tulis menulis, menuangkan ide atau pikiran dalam sebuah tulisan. Agar blog kita mendapat pengunjung yang banyak maka diperlukan tulisan atau postingan yang tidak sedikit, sehingga apa yang sekiranya orang butuhkan ada diblog kita, begitu juga dengan isi postingan harus sebisa mungkin membuat betah orang untuk berlama-lama nongkrong diblog kita.
Aktiftas menulis sebetulnya sudah tumbuh sejak kita masih balita, mengenal

Jumat, 04 Mei 2012

Yang Tak Tergantikan di Dunia Kesehatan

Betapapun canggihnya tekhnologi kesehatan saat ini ternyata masih ada yang belum mampu menggantikan atau menggeser harapan masyarakat untuk tetap bergantung pada jasa kesehatan tradisional, salah satunya adalah pijat tradisional (dalam bahasa Banjar disebut beurut, dan orang yang melakukannya disebut paurutan.
Mengurut anak

Masyarakat Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan hadirnya peurutan merupakan ragam alternatif pilihan yang murah dalam menjaga kesehatannya.
Jasa peurutan masih jadi fenomena yang belum tergantikan di dunia kesehatan. Banyak jasa peurutan laki-laki atau perempuan yang tersebar di daerah ini, dari peurutan untuk bayi, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, dukun beranak sampai peurutan khusus

Di Balik Keistimewaan Jumat


"Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui." QS. Jumu’ah. (62) : 9.
Hari Jum’at bagi sebagian orang hanya dianggap sebagai hari biasa, tak ubahnya seperti hari-hari yang dilewati dalam rentetan hari dalam seminggu. Namun bagi umat Islam hari Jum’at adalah hari yang sangat mulia, karena pada hari itu terdapat keistimewaan yang tidak  didapatkan di hari lain.

Selasa, 01 Mei 2012

Menyapa Pengrajin Kumpang Parang

Desa Paring Agung, Kec. Sungai Raya Kab. Hulu Sungai Selatan Kelimantan Selatan
Memotong kayu bunga kenanga 
Bertandang keperkampungan memiliki kesan tersendiri, apalagi itu kampung halaman tempat kita dilahirkan, tempat bermain dan membesarkan kita. Bercengkrama dengan masyarakat setempat, menikmati sejuknya udara, menyaksikan kearifan alam dan belajar dari kehidupan mereka adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli ketika kita berada diperkotaan dengan hiruk pikuk segala kepentingan.