Kamis, 29 November 2012

Cara Menanam dan Merawat Sirsak dan Salam



Setelah anda menerima pohon dari Tagayan Hijau lakukan hal-hal berikut:
1.    Taruhlah pohon anda ditempat teduh, jangan dimasukkan kedalam tas/kantongan plastik tertutup (untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai oleh tanah disarankan anda mengurangi/tidak menggunakannya).
2.    Tentukan di mana anda akan menanamnya, usahakan tidak jauh dari lingkungan anda, sehingga apabila anda memerlukannya anda tidak perlu jauh-jauh untuk mengambilnya. Apabila anda bermaksud untuk menamnya dipekarangan rumah lakukan hal ke 3 di bawah ini.
3.    Pastikan tidak mengganggu lalu lintas anda baik di pekarangan maupun orang sekitar, tetangga maupun pengguna jalan di komplek anda.
4.    Apabila anda menanamnya di lahan, gali tanah dengan kedalaman sekitar 30 cm dan diameter sekitar 30 cm juga.
5.    Taburkan atau taruh satu karung media tanam tanah dengan campuran pupuk kandang dan sekam 1:1:1.  Kenapa mesti sebanyak itu? Ini dimaksudkan agar anda tidak lagi repot-repot melakukan pemupukan. Makin banyak media tanam subur yang anda masukkan maka akan semakin baik pertumbuhannya. Begitu pula apabila anda bermaksud menanamnya ke dalam pot.
6.    Apabila anda tidak ingin dahan dan ranting pohon anda terlalu tinggi, sering-seringlah memangkas dahan dan rantingnya, terlebih apabila di tanam dalam sebuah pot.
7.    Jangan ambil habis daun pohon anda, sisakan buatnya untuk melakukan fotosentisis.
8.    Rawatlah dengan bijak dan beri pupuk setiap 6 bulan sekali, gunakan selalu pupuk organic. Hal ini untuk menjaga kealamian daun dan buah dari pohon anda.
Selamat mencoba, dan ingat pohon yang anda akan selalu membawa manfaat bagi bumi dan kehidupan ini. Semoga Bermanfaat.

2 komentar:

  1. Salam damai Tagayan Hijau....
    senang sekali hari ini dapat ikut ambil bagian menghijaukan bumi kalimantan. dimulai dari lingkungan sendiri, pekarangan sendiri
    Sukses buat tagayanhijau.com dan sukses buat Muhammad Adi RAM

    BalasHapus