Kamis, 29 November 2012

Tagayan Hijau Turut Serta Menghijaukan Bumi


Rusaknya alam tidak sebanding dengan upaya penyelamatan dan kepedulian terhadapnya. Kepedulian kepada alam dan bumi seyogyanya harus tumbuh dalam diri setiap individu manusia yang bepijak di atas bumi dan bernaung di bawah langit ini. Dimulai dari lingkungan keluarga dan dimulai sejak saat ini.
Menanam pohon atau sayuran di pekarangan adalah cara paling mudah untuk sedikit bisa ikut handil dalam upaya penyelamatan lingkungan tersebut.
Beberapa bulan lalu saya dikejutkan dengan sepucuk amplop putih yang bertuliskan “Bantuan untuk penyemaian bibit di Tagayan Hijau mohon diterima bang Adi”,

Cara Menanam dan Merawat Sirsak dan Salam



Setelah anda menerima pohon dari Tagayan Hijau lakukan hal-hal berikut:
1.    Taruhlah pohon anda ditempat teduh, jangan dimasukkan kedalam tas/kantongan plastik tertutup (untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai oleh tanah disarankan anda mengurangi/tidak menggunakannya).
2.    Tentukan di mana anda akan menanamnya, usahakan tidak jauh dari lingkungan anda, sehingga apabila anda memerlukannya anda tidak perlu jauh-jauh untuk mengambilnya. Apabila anda bermaksud untuk menamnya dipekarangan rumah lakukan hal ke 3 di bawah ini.

Beberapa Manfaat Sirsak dan Salam


Pohon sirsak diantaranya berkhasiat untuk:
1.    Mengobati Penyakit Kanker:
Caranya: rebus 10 lembar daun sirsak yg tua dengan 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas, minum pagi dan petang/malam hari selama 2 minggu. Daun sirsak mempunyai sifat seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi, daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.

Minggu, 18 November 2012

Menengok Aktivitas Pemenang Kalpataru 2012

Galuh Saly nama yang diberikan orangtuanya, sekilas tidak ada yang istimewa dari penampilan ibu enam anak ini, rumahnya yang berada di tepi jalan provinsi terlihat begitu sederhana, halamannya yang luas ditanaminya beberapa pohon buah naga, pepaya, bawang hutan dan beberapa tanaman kecil lainnya. Mobil Toyota bututnya juga terparkir di teras rumahnya, mobil itulah yang setia menemani setiap aktivitas lingkungannya.
Galuh Saly dengan Penghargaan Kalpatarunya
Saat Tagayan Hijau (Tajau) bertandang ke rumahnya di Jalan A. Yani Desa Batumandi, Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan (15/11) sambutan hangat langsung diberikannya. Begitu juga ketika Tajau mengajaknya bicara langkahnya langsung mengajak kami ke pekarangan belakang rumahnya.

Senin, 22 Oktober 2012

Lebih Baik (tidak) Merokok?


Siang itu saya terlibat pembicaraan dengan beberapa teman ketika menghadiri jamuan makan siang aqiqahan puteri kedua salah satu teman sekantor kami. Dari berbagai macam topik pembicaraan, satu yang paling menarik perhatian saya, yaitu soal rokok, merokok, asap dan kesehatan.
Foto dari http://kimochiku.blogspot.com
Kenapa demikian? Sudah puluhan tahun dan jutaan peringatan di mana-mana  --bahkan tulisan besar dibungkusnya sekalipun-- tentang bahaya merokok buat kesehatan, mulai dari serangan jantung, impotensi, gangguan janin dan kehamilan sampai dampak yang paling terasa adalah ‘kanker’, baik kanker yang menyerang paru-paru manusia maupun kanker yang satu ini, yaitu kantong kering alias habis duit. Parahnya lagi dampak paling besar adalah dirasakan justru bagi perokok pasif bukan perokok aktif.

Rabu, 03 Oktober 2012

Cegah ISPA dengan Ini !


Setiap orang mempunyai kondisi tubuh yang unik, tidak sama satu dengan lainnya. Apalagi ketika menghadapai suatu kondisi lingkungan yang kurang bersahabat seperti sekarang ini, musim pancaroba, dimana saatnya ada hujan dan adakalanya terik panas menyengat.
Kabut - Asap kabut ditimbulkan dari pembakaran lahan oleh masyarakat untuk membuka lahan perkebunan dan pertanian
Pulau Kalimantan, terutama Kalsel dan Kalteng, setiap memasuki musim kemarau selalu disambut dengan tamu tahunan, yaitu asap kabut. Asap kabut ditimbulkan dari pembakaran lahan oleh masyarakat untuk membuka lahan perkebunan dan pertanian, baik yang berada di lahan gambut maupun pegunungan.

Selasa, 18 September 2012

Uniknya Layang-layang Dandang



Setiap usai panen, masyarakat Desa Paring Agung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kandangan) Kalimantan Selatan biasanya sibuk mempersiapkan permainan musiman mereka. Permainan tradisional itu ialah bermain kalayangan (layang-layang) Dandang dengan ukuran lebar mencapai 4 meter dan panjang 6 meter dilengkapi pula dengan dua buah Kukumbungan.  
www.tagayanhijau.com
SIAP TERBANG - Dandang dengan ukuran lebar mencapai 4 meter dan panjang 6 meter
Kukumbangan adalah media yang mengeluarkan suara terbuat dari satu ruas bambu besar jenis batung berdiameter mencapai 12 cm dengan panjang sekitar 50 cm. semakin besar dan panjang Kukumbangan maka semakin nyaring suara yang dikeluarkannya.

Pesan di Balik Cerita Shaun The Sheep



Satu bulan terakhir ini saya sering mendampingi si kecil Muhammad Hadziq Averroes yang baru berusia 1 tahun 7 bulan untuk menonton acara kartun di televisi swasta nasional, baik pagi maupun sore hari. Sebagai seorang abah, saya punya kewajiban untuk mendampingi anak saya yang sudah mulai belajar ngomong itu, yaitu dengan sesekali mengarahkan dan memberinya penjelasan terhadap acara yang ia tonton.
Foto dari http://www.penchenk.com/2011/11/wallpaper-shaun-sheep-domba-jenaka.html

Kartun yang kami tontong kali ini adalah kartun yang tidak asing lagi, apalagi kalau bukan Shaun The Sheep, cerita dipeternakan domba oleh seorang tuan gendut berkaca mata dibantu seekor anjing yang tak lepas dari jam tangan di tangan kirinya

Kamis, 13 September 2012

Kendali Listrik di Tangan Kita



“Listrik untuk kehidupan yang lebih baik”, bunyi slogan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Setiap saat PLN jadi sorotan masyarakat, terkadang ‘naik daun’, terkadang ‘diinjak’ dan terkadang ‘dipuruk’. 
Padahal apa jadinya kalau kehidupan kita tanpa adanya dukungan dari yang namanya listrik, baik sebagai penerangan maupun untuk keperluan lain. Pabrik misalnya, tempat pengolahan makanan, atau media informasi, seperti televisi, radio, internet dan lain sebagainya.

Rabu, 12 September 2012

Anak Peniru Ulung Orangtuanya

“Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, lalu kedua orangtuanya yang menjadikan ia Yahudi, Nasrani atau Majusi.” (HR. Baihaqi).
Anak adalah makhluk paling unik di dunia dan masa anak-anak adalah masa paling menyenangkan selama hidupnya. Apapun perilaku dan tingkah lakunya pasti menunjukkan suasana menyenangkan dan bahagia.

Kehidupan seorang anak kedepan akan sangat dipengaruhi oleh perilaku dan kebiasaan orangtuanya. Anak akan mengikuti kebiasaan baik ataupun buruk orangtuanya, kakek neneknya, tantenya dan orang disekitarnya.
Anak sebagai peniru ulung orangtuanya akan terlihat lebih menonjol

Minggu, 22 Juli 2012

Tips Jitu Menjadi PNS

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa bekerja di instansi swasta  tidak menjanjikan kehidupan yang layak di masa mendatang. Hal ini di ditunjukkan dari banyaknya minat orang untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap tahunnya. 
SKCK - Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah salah satu syarat mendaftar seleksi penerimaan CPNS

Mengorbankan harta benda hanya untuk bisa menjadi abdi negara sampai menghalalkan segala cara adalah cara orang untuk bisa menyambung kehidupan dan jaminan pensiun di hari tua.
Di bulan Juli dan Agustus tahun ini, ada beberapa instansi pemerintah yang mengadakan penerimaan

Kamis, 05 Juli 2012

Agrohome: Penghasil Sayur dan Buah Organik Keluarga

JAGUNG - Salah satu jenis buah yang bisa ditanam di pekarangan

Kebutuhan sayuran dan buah anda terpenuhi tiap hari? Selama ini, anda yakin sayuran dan buah anda sehat? Jangan keburu mengklaim diri bahwa anda sehat.
Sayuran dan buah segar yang biasaya dijual dipasaran sangat menggoda kita untuk membeli dan menyantapnya bersama keluarga. Sayuran segar nan hijau itu ditanam dilahan yang luas dengan perawatan khusus, sehingga menghasilkan panen berlimpah dan dengan kualitas sayur dan buah yang segar bugar.

Senin, 18 Juni 2012

Semangat Pejuang Lingkungan

Hari Lingkungan Hidup Sedunia sudah kita lewati 10 hari yang lalu, masih adakah kesan sayang dengan lingkungan sampai sekarang? Bagi orang-orang yang memang mengabdikan hidupnya untuk lingkungan hari lingkungan hidup diperingatinya setiap hari bahkan disetiap kedipan matanya.
SEMANGAT - Beberapa panitia peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yan dilaksanakan oleh HMJ Siyasah Jinayah IAIN Antasari Banjarmasin

Semangatnya untuk menghijaukan bumi selalu terpatri di dalam lubuk hati dan dilakukannya dalam kehidupan sehari-harinya. Dari bangun tidur sampai tidur kembali, dari menanam sampai mengelola sampah, wal hasil tindak tanduknya tidak lepas dari upaya memberikan kebaikan kepada alam.

Selasa, 05 Juni 2012

Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan


Hari ini tepat tanggal 5 Juni hari yang ditetapkan oleh UNEP (United Nations Environment Programme )sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tahun ini mengambil tema “Green Economy: Does it include you?” yang kalau di Indonesiakan menjadi “Ekonomi Hijau: Ubah perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan. 
PILIH - Salah satu pengumpul barang bekas lagi memilih kertas bekas sebelum dijual

Tema yang menekankan kepada pentingnya pelaksanaan ekonomi hijau oleh semua orang, baik bersifat global, nasional, regional, keluarga maupun individu setiap manusia. Karena keselamatan lingkungan hidup bergantung dari kesadaran masyarakatnya akan pentingnya ketergantungan mereka terhadap lingkungannya.

Selasa, 29 Mei 2012

Menengok Jasa Penyeberangan Sungai di Banjarmasin

Meski Pelanggan Berkurang, Tapi Tetap Eksis
TETAP RAMAI - Penyeberangan di Kawasan Kuin Cerucuk Banjarmasin

Jasa penyeberangan sungai atau akrab dengan sebutan ferry, kini menjadi jalur penyeberangan alternative yang tetap eksis digunakan masyarakat. Bahkan dalam sehari mampu mengantarkan penumpangnya berkali-kali. Memang tak sesering saat beberapa pabrikkayu lapis buka. Meski begitu jasa penyeberangan hingga kini masih eksis.
Hari itu seperti biasa Abu Bakar (42) dengan cekatan mangatur kendaraan roda dua yang sudah berada di atas kapal motor kayunya. Di bawah gerimis hujan pagi, ia bersama dua rekannya dengan sabar mengatur jejeran kendaraan atau sepeda yang akan menggunakan jasanya tersebut.

Selasa, 15 Mei 2012

Agen dan Pengecer Minyak Tanah

Agen dan pengecer minyak tanah melintas di jalan A. Yani Km. 40 Kabupaten Banjar beberapa waktu lalu. Harga minyak tanah saat ini menembus harga Rp. 10.000,-/liter. Sesuai anjuran pemerintah, banyak warga yang berkonversi dari minyak tanah ke gas. Penggunaan gas dinilai efisien dan sehat.

Minggu, 06 Mei 2012

Meniti Bambu Menjemput Manisnya Kehidupan

Penyadap Gula  Aren, Paring Agung  Kecamatan Sungai Raya Kab. Hulu Sungai Selatan-Kandangan
Menuang gula aren ke dalam cetakan yang terbuat dari kayu
Kaki kekarnya dengan kuat menginjak tali dari tangkai buah aren yang dililitkan pada sebatang bambu. Hanya dalam hitungan detik ia sudah berada jauh di atas sepuluh meter sambil membawa jerekin kosong dan sebilah pisau tajam. 
Memanjat pohon aren perlu keahlian tersendiri

Tangannya cekatan membuka bungkus plastik yang melingkar di atas sebuah langan (tandan) buah pohon aren yang kemudian diirisnya pelan-pelan. Profesi inilah yang dilakoni Darsih (39) sejak ia masih duduk dibangku kelas 5 sekolah dasar.

Sabtu, 05 Mei 2012

Ternyata Menulis itu Sangat Mudah

Saya teringat motivasi seorang penulis melalui bukunya, tulislah apa yang anda pikirkan maka akan jadi tulisan, menulis itu mudah, enteng, nyaman dan sangat mudah sekali. 
Menulis adalah aktifitas yang sudah ditanamkan sejak kecil
Setelah saya ikuti motivasi dalam dua buah buku yang ia tulis, ternyata saya mendapatkan kekuatan baru dalam menulis. Iya benar, menulis memang sangat mudah, mudah sekali, kita tinggal mengutak-atik 26 huruf menjadi kata, menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf dan akhirnya jadi satu tulisan yang bisa kita nikmati. Baca ulang, wah ternyata saya bisa menulis juga, paling tidak untuk dinikmati sendiri, syukur-syukur bisa dibaca orang lain, apalagi bisa dimuat di media (walau hanya majalah dinding), wah senangnya.

Berawal dari 5W+1H

Mengelola sebuah blog atau istilah krennya disebut ngeblog adalah pekerjaan yang tidak terlepas dari tulis menulis, menuangkan ide atau pikiran dalam sebuah tulisan. Agar blog kita mendapat pengunjung yang banyak maka diperlukan tulisan atau postingan yang tidak sedikit, sehingga apa yang sekiranya orang butuhkan ada diblog kita, begitu juga dengan isi postingan harus sebisa mungkin membuat betah orang untuk berlama-lama nongkrong diblog kita.
Aktiftas menulis sebetulnya sudah tumbuh sejak kita masih balita, mengenal

Jumat, 04 Mei 2012

Yang Tak Tergantikan di Dunia Kesehatan

Betapapun canggihnya tekhnologi kesehatan saat ini ternyata masih ada yang belum mampu menggantikan atau menggeser harapan masyarakat untuk tetap bergantung pada jasa kesehatan tradisional, salah satunya adalah pijat tradisional (dalam bahasa Banjar disebut beurut, dan orang yang melakukannya disebut paurutan.
Mengurut anak

Masyarakat Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan hadirnya peurutan merupakan ragam alternatif pilihan yang murah dalam menjaga kesehatannya.
Jasa peurutan masih jadi fenomena yang belum tergantikan di dunia kesehatan. Banyak jasa peurutan laki-laki atau perempuan yang tersebar di daerah ini, dari peurutan untuk bayi, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, dukun beranak sampai peurutan khusus

Di Balik Keistimewaan Jumat


"Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui." QS. Jumu’ah. (62) : 9.
Hari Jum’at bagi sebagian orang hanya dianggap sebagai hari biasa, tak ubahnya seperti hari-hari yang dilewati dalam rentetan hari dalam seminggu. Namun bagi umat Islam hari Jum’at adalah hari yang sangat mulia, karena pada hari itu terdapat keistimewaan yang tidak  didapatkan di hari lain.

Selasa, 01 Mei 2012

Menyapa Pengrajin Kumpang Parang

Desa Paring Agung, Kec. Sungai Raya Kab. Hulu Sungai Selatan Kelimantan Selatan
Memotong kayu bunga kenanga 
Bertandang keperkampungan memiliki kesan tersendiri, apalagi itu kampung halaman tempat kita dilahirkan, tempat bermain dan membesarkan kita. Bercengkrama dengan masyarakat setempat, menikmati sejuknya udara, menyaksikan kearifan alam dan belajar dari kehidupan mereka adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli ketika kita berada diperkotaan dengan hiruk pikuk segala kepentingan.

Rabu, 25 April 2012

Di Balik Kokohnya Galam yang Terpendam


Rindangnya pohon galam bisa dijadikan tempat berteduh
Galam, atau kayu galam atau nama lengkapnya pohon galam (melaleuca cajuputi) adalah tumbuhan liar yang tidak asing lagi bagi masyarakat yang berdomisli di daerah rawa atau lahan gambut.  Pohon galam bak penyelamat bagi mereka yang akan membangun rumah di kawasan rawa. Setiap yang akan membangun rumah atau bangunan apapun tidak bisa melepaskan diri dari peran pohon galam ini, karena hanya dengan galamlah rumah-rumah atau bangunan mereka bisa terwujud.

Rabu, 21 Maret 2012

Air Sumber Kehidupan


Hari ini, Kamis 22 Maret 2012, mungkin tidak banyak orang yang menyadarinya bahwa hari ini adalah hari yang perlu dijadikan renungan bagi kita semua. Hari ini adalah hari Air Dunia. Apa jadinya kalau bumi ini tanpa air, pastinya tidak ada kehidupan, setiap hari tubuh kita tidak bisa lepas dari yang namanya air. Air merupakan kebutuhan pokok kedua setelah udara, karena

Jumat, 16 Maret 2012

Tagayan Stempel

Dangsanak Tagayan Hijau (Tajau, disingkat kaya gitu aja deh, gak repot). Setelah sekian lama gak posting berita, selama itu juga Tajau mempersiapkan property dan peristiwa (kayak skenario film ajah yah) yang akan diberitakan dalam postingan kali ini (uwiiih kayak berita heboh banget nih, hehe..),

Selasa, 17 Januari 2012

Belajar dari Padi

Padi Merah yang Mulai Berisi

Filosofi padi yang sering dilupakan, makin berisi makin merunduk. Belajar dari padi merah yang aku tanam beberapa bulan lalu dalam sebuah pot bekas kaleng cat. Padi itu memberi pelajaran disetiap perkembangannya, mengajarkan kesabaran ketika menunggu dia mulai tumbuh. Pelajaran yang sangat berarti adalah padi itu semakin berisi semakin merunduk, menandakan bahwa dia bersifat tawadhu. Filosofi yang patut direnungi, seyogyanya semakin banyak ilmu seseorang dia akan semakin bersifat tawadhu bukan  malah gempar gembor membanggakan kelimuan yang dimilikinya. Semoga kita bisa mengambil pelajaran mulia itu.