Sabtu, 22 Oktober 2011

Petani Pisang

Petani Pisang Pinurun

Salah satu warga diperbatasan Hulu Sungai Selatan dengan Hulu Sungai Tengah membawa pisang pinurun/minurun menggunakan kendaraan roda dua untuk dipasarkan. Ahad (9/10). Pisang pinurun merupakan salah satu komoditi yang dihasilkan dua kabupaten ini. Setelah dua tahun terakhir pisang di kebun mereka kerap diserang hama habang pucuk sehingga menurunkan produktifitasnya.

Jumat, 21 Oktober 2011

Aktifitas Masyarakat Sungai



Sungai Martapura (8/10). Sungai adalah segalanya
Masyarakat Kalimantan Selatan pada umumnya sangat tergantung oleh sungai, kebanyakan aktifitas dapur dilakukan di sungai. Ratusan jamban yang tersebar di sungai menambah buruknya kualitas air yang sudah mulai mengering. Sayangnya, pesatnya pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan kesadaran warganya untuk hidup sehat. Seruan  untuk tidak membuang sampah dan MCK di sungai ternyata belum bisa direalisasikan oleh warganya.

Minggu, 09 Oktober 2011

Menengok Pembuatan Lamang Kandangan

"Tiga Jam di Bara Api, Gurih dan Lamak Manis"

Sambil menyeka peluhnya, Julak (55) bangkit dari duduknya menghampiri tumpukan kayu yang tidak jauh dari bangku kayu ulin itu untuk menghidupkan kembali api yang sudah mulai meredup. Tidak kurang dari 3 jam setiap harinya, ia harus berada di sekitar tumpukan bara api itu, sambil menjaga
Julak membolak-balik bumbung lamang agar masak sempurna