Jumat, 16 Juli 2010

Air Terjun Haratai Loksado


Air Terjun Haratai terdapat di Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Indonesia. Kandangan sebagai ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan terletak sekitar 120 Km dari Kota Banjarmasin. Loksado adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang mempunyai pesona alam pegunungan yang masih asri.
Untuk menuju Desa Haratai yang terletak sekitar 60 Km dari Kota Kandangan, anda dapat memilih angkot jurusan Kandangan-Loksado dengan ongkos Rp. 10.000 - Rp. 15.000. Untuk menuju Desa Haratai anda bisa menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 3 jam sembari menikmati suguhan alam nan eksotik ini yang terletak di pegunungan Meratus. Namun bagi anda yang tidak kuat menempuh perjalanan sejauh itu, masyarakat sekitar menyediakan jasa ojek dengan ongkos Rp. 25.000 – Rp. 30.000.
 Foto ini diambil ketika saya dengan teman-teman berkunjung ke desa ini pada 10 Oktober 2009 yang lalu. Beberapa hari sebelum kami menyambangi air terjun ini, Hulu Sungai Selatan memang sering diguyur hujan. Akibat dari guyuran hujan itulah ada sebuah pohon kayu yang terletak di puncak bebatuan (tempatnya air terjun ini mengalir) roboh dan tepat menimpa air terjun. Dengan bermaksud mencoba menyingkirkan pohon tersebut salah satu dari teman saya memanjat pohon yang tumbang itu, pada saat itu saya berinisiatif untuk mengabadikannya. Namun sayangnya, beratnya beban badan teman saya tidak mampu mengalahkan bobot pohon besar itu, sehingga pohon tersebut tidak bisa disingkirkan.
 Tingginya badan teman saya bisa dijadikan sebagai pembanding tingginya air terjun Haratai ini yang konon mempunyai tinggi 30 meter. Selain Air Terjun Haratai Loksado, aliran sungainya juga kerap dijadikan arung jeram dengan menggunakan bambu, yang dikenal dengan Bamboo Rafting atau bahasa daerah setempat balanting, sayangnya moment itu belum sempat saya abadikan.
 Foto diambil dengan Nikon D3000, menggunakan lensa Kit 18-55 mm, f/3.3-5.6 G, AF-SVR, filter UV, 1/15, f/7.1.


6 komentar:

  1. bang, kotak komentarnya disetting dibawah postingan aja

    BalasHapus
  2. Umalah ... Rasa rindu banar handak ka haratai pulang nah... haha

    BalasHapus
  3. bgus jg ni djdkan tmpt u/ rfrshing. tpisygnya jauh dr rmh :)

    BalasHapus
  4. @Ridzahul Khairin: ayu ka haratai an kita pulang, hehe..
    @Emingko Blog: sesekali traveling ke Kalimantan gak papa kan..hehe..

    BalasHapus
  5. Wooow indah sekali dipegunungan meratus,jadi mau kesana nich...//??

    BalasHapus
  6. AKU JOWO KERJO DI KANDANGAN DAN SENENG PERNAH KETEMPAT ITU... AYO PROMOSIKAN ..

    BalasHapus